Senin, 31 Januari 2011

Riwatyatku dulu semua mengenai BUku...(SD)

Mengapa OH mengapa aku tergila-gila buku..apakah aku memang kutu buku? atau memang gila Buku...

     Cerita mengenai aku dan buku di mulai sejak kelas 4 SD, dimana usiaku waktu itu baru 9  tahun. Waktu itu untuk pertama kalinya  Sekolahku  ada perpustakaan dengan buku-buku baru yang menarik. Sebenarnya aku tidak yakin apakah itu bisa disebut perpustakaan karena tidak ada ruangan perpus, ruang baca atau sejenisnya (cuma rak yang bersisi buku di kantor guru). Selain itu karena terbatasnya buku dan untuk menjaga semangat belajar siswa, buku non pelajaran hanya boleh dipinjam  pada hari Sabtu dan Senin harus sudah kembali. Tapi bukan berarti selain hari itu kita tidak boleh membaca, untuk menyiasati hal tersebut pihak sekolah membagikan buku ketika istirahat dan ketika waktunya pulang harus kembali. Karena buku yang terbatas setiap anak hanya memperoleh 1 buku dan itu harus di baca sampai habis dulu, baru boleh bertukaran dengan buku teman lain. (Hem aku cukup kagum dengan mekanisme yang di jalankan sekolah ku tempo dulu yang mampu mengelola perpustakaan dengan baik  walau dengan keterbatasan). 
      OK kembali ...waktu pembagian pertama, ketika itu aku sedikit ketinggalan dan harus mengalah sehingga hanya mendapatkan buku  sisa yang tidak dipilih teman. Well aku dapat buku yang lumayan tebal dan tidak menarik untuk anak seusiaku, karena lebih banyak tulisan dari pada gambar, kalau tidak salah bukunya berjudul 4 KhulafaurRosyidin. Sempat malas bacanya...tapi lama-kelaman aku sangat menyukai jalan ceritanya, pokoknya buku ini keren ..cerita yang besetting gurun pasir ini telah memompa imajinasi masa kanak-kanakku, selain itu buku ini juga mengandung banyak nilai-nilai agama yang cocok bagi anak-anak. Dan untuk pertama kalinya aku menamatkan sebuah buku...ASyik...! kalau tidak salah aku menamatkannya selama 1 minggu, dan buku tersebut aku baca hanya setiap jam istirahat atau jam kosong saja. Sedangkan teman-teman aku tidak tahu sepertinya sih  kebanyakan dari mereka sudah menukarkan buku sebelum selesai. Ada kejadian lucu saking cintanya dengan buku pertamaku itu aku sampai tidak mau bertukaran dengan teman, hingga akhirnya aku baca ulang sekali lagi...dan dengan sedih aku akhirnya mau bertukaran...Good by mY firs book...kau telah menemaniku selam 2 minggu ini...HWWWW. jadi sedih kalau mengingat hal tersebut.

     Well itu pertama kalinya aku berjumpa dengan buku bacaan yang sampai mengharu biru ketika harus berpisah dengannya. Suatu kali aku menemukannya kembali, buku itu sudah rusak dan halamannya banyak menghilang...Hwww, sedih banget. by the Way sejak saat itu aku menyukai membaca, dan buku favorit waktu aku masih sekolah dasar adalah buku-buku yang bertema Cerita rakyat.  Setiap akhir pekan aku selalu pinjam buku di perpus "kantor guru" hehe , karena aku dekat dengan seorang adik kelas yang merupakan cucu kepala sekolah  (juga suka baca dan Nakal abis) aku bisa pinjam lebih dari satu buku...hehe walau sedikit makan ati juga, ya mungkin aku iri dengannya yang bebas mengakses kantor guru. Tapi ya sudahlah kan sudah berlalu. 

      Ingatan tentang buku pertamaku ini masih sangat membekas dan teringat jelas di otakku ini, padahal itu sudah sangat lama sekali mungkin hampir 11 tahun berlalu. Tapi mengapa itu masih ada? perasaan waktu itu juga seperti masih terasa. jawabannya adalah karena itu merupakan kenangan yang berkesan yang selanjutnya mempengaruhiku hingga dewasa.. ... dan hal ini sesuai dengan ungkapan bahwa "ingatan yang tidak dapat dilupakan oleh setiap orang dewasa semasa mereka masih kecil adalah  kenangan yang berkesan. kenangan dapat berupa kenangan yang membahagiakan, juga dapat berupa kenang-kenangan yang menyedihkan".

Sabtu, 29 Januari 2011

Waduk Gajah Mungkur


MenJenguk SaHabat Yang Banyak dicintai
Jumat, 21 Januari 2011
Perjalanan ke Wonogiri kali ini sebenarnya bukan untuk travelling atau bersenang -senang. melainkan untuk tujuan mulia (= Hemm) menjenguk sahabat tercinta kita Rizki NiWanda S....atau sering kita panggil Mas Dono.. Dia sakit  DB dan hampir 1 minggu tidak mengikuti kuliah padahal baru ujian. sebagai sahabat yang baik tentunya harus menjenguk kan? heheh...yeye sekalian Travelling.
Penyambutan di rumah Dono sungguh dilluar dugaan. Seharusnya kita sebagai teman yang sedang dalam misi menjenguk sebisa mungkin meringankan beban keluarga,..., wah tapi koq  malah kebalikannya ya, kita malah merepotkan. Ya walau boleh jujur enak juga disambut layaknya tamu, di beri cemilan, makan-makan, dan jalan-jalan.  HHee Enjoy banget neh suasananya, kekeluargaan banget, jadi tahu kalo Dono di keluarganya tu begini Or begitu...Heheh. Setelah makan -makan dengan menu ikan bakar yang Yummi  kita lanjutkan dengan jalan-jalan Ke bendungan serbaguna Wonogiri. Bendungan ini mebendung sungai bengawan Solo yang airnya ditampung di Waduk gajah Mungkur. Letak Bendungan sendiri  gak jauh dari rumah Dono hanya sekitar 5 lau menit bila menggunkan sepeda montor. Jadi walau sudah sore gak masalah kita pergi kesana.
 
Well, mendung mengantung di langit Wonogiri ketika kita keluar menuju bendungan. Tapi suasana jadi sejuk dan gak panas.   DAn  udara dingin langsung menyeruak ketika kita sampai di sana, angin juga menerjang kita,  mengibarkan kerudung kami.."hayah lebay". Ya pertanyaan sempat juga mengemuka angin yang begitu besar ini namanya angin Apa siih? rasanya seperti angin laut tapi ini kan bukan laut? hehe pertanyaan bodoh anak-anak geografi....Ya Angin gununglah lihat aja tu ada Gunung! mana? o Iya Ya....  . Oya Pemandangannya sungguh indah lhoo kita bisa melihat pegunungan Kars menjulang dan dihamparan bawahnya berkubik-kubik air melimpah. Hem suara aliran air sungai bengawan solo juga terdengar, maklum bendungan memang sedang di buka karena curah hujan akhir-akhir itu sangat tinggi sehingga Waduk kelebihan air. 
BOsan lihat Waduk dari sisi bendungan akhirnya kita putuskan untuk jalan ke Waduknya. OK LEts Go Friend....!
Perjalanan menuju Waduk ditempuh sekirar 15 menit dari Bendungan. Perjalanan kali ini memang agak panjang dan menempuh jalan yang berliku-liku. Tapi semua Enjoy dan menikmati perjalanan karena pemandanganya emang keren banget.  Sampai disana sudah sore dan sudah sepi...Gerimis juga mulai turun..wah gimana ni? OK lanjutkan lah..apalagi kalo bukan foto-foto bersama. Rasanya kalo pergi bersama-sama ke suatu tempat gak foto-foto ada suatu yang kurang gitu. And tambah asyik kita juga buat video yang narcis habis...Semua Gila-gilaan, Hhh...Crazy abis. Untung Dono sudah sembuh jadi dia bisa ikud juga dan bisa gila-gilaan bareng. Hahha itung-itng menghibur kan?
Well sepertinya gerimis sebentar lagi akan menjadi hujan, dan sudah waktunya balik kerumah Dono dan kembali Ke JOgja. Perjalanan masih sangat panjang dan melelahkan . Kita pulang dari rumah Dono jam 5 Sore dengan iringan gerimis yang enggan menjadi besar., dan untuk jaga-jaga pakai mantol sekalian. Prediksinya magrib sampai tempat pemberhentian jadi kita bisa solat magrib dan makan gratis. siapa lagi kalo bukan rumahnya Gogon yang berada di klaten. Sate adalah menu Utamanya..HemmYummy ! ayo Libas....setelah itu perjalanan dilanjutkan ke rumah masing-masing dengan membawa oleh-oleh lelah dan kenangan yang pasti sulit terlupa. 

Selasa, 25 Januari 2011

LaVa Tour





Jumat, 7 Januari 2011
Tahun 2011 ini dimulai dengan travelling bersama teman ke kaki gunung Merapi. Ya apalagi kalau bukan wisata bencana Lava tOur. Anak yang ikud kali ini hanya sedikit, sebagian besar adalah cowok (14) dan yang cewek hanya 3 orang termasuk aku. Sedikitnya anggota yang ikud dikarenakan kurangnya sosialisasi dan cuaca yang kurang mendukung. Selain itu  dalam menentukan waktu pemberangkatan  yanh kurang pas (sore hari) dan dapat dipastikan akan pulang malam (cewek2 yang kos ada batas waktu pulang malam). Ok tapi itu semua gak menghalangiku untuk ikud , secara acara bersama teman selalu menyenangkan dan memang aku penasaran sekali dengan keadaan di wilayah bekas bencana tersebut. Pemberangkatan dimulai pukul setengah 4, dan sampai disana sekitar pukul 4:15, keadaan disana berkabut dan mulai gelap karena langit tertutup mendung.




Ada jalanan yang kami lalui tertutup lahar merapi dan karena itu beberapa teman sempat kesulitan melewatinya, dan tentu saja ban montor yang tidak bersahabat dengan pasir menyebabkan motor terperangkap pasir. Tapi Alhamdullilah semua berakhir dengan baik. Ketika melihat pemandangan wilayah bencana secara langsung yang pertama terucap adalah Asma Allah. Well memang sungguh menggenaskan,..tanah yang aku injak bersama teman-teman ini ternyata dulu adalah perkampungan yang normal, tapi sekarang hanya berbentuk padang pasir berasap balerang. Ini sungguh bencana yang dahsyat, gunung Merapi yang letaknya 16 dari desa Kinahrejo  dapat memuntahkan Wedhus Gembel dan menghancurkan wilayah ini hanya dalam satu malam. Pada gundukan pasir masil keluar asap balerang yang cukup pekat, selain itu tanah tempat keluarnya asap masih sangat panas padahal bencana tersebut sudah terjadi 2 bulan yang lalu. SubhanaAllah sungguh kebesaran Allah air yang diatas tanah juga sampai mendidih padahal bencana itukan sudah lama. 


Tak henti-henti aku terkagum-kagum oleh wilayah ini. Hem bagaimana mungkin rumah yang satu hancur dan rata oleh tanah sedang rumah di dekatnya tidak kurang apapun? Dan bagaimana bisa batu sebesar rumah dapat sampai disini padahal letak sumbernya begitu jauh? Aku benar-benar tidak bisa membayangkan malam kejadian bencana tersebut.  Oh aku yang waktu itu berada di Joga mendengar gemuruh merapi saja sudah sangat takut, apalagi bila aku ditempat ini pada waktu itu? begitu bergemruh, begitu panas, dan mencekam,  Uh aku tidak mau membayangkan. Aku disini bersama teman-teman akhirnya mulai terbiasa dan berusaha mengalirkan rasa senag pada setiap perjalan yang selalu kita lalui.




Menjelang Magrib kami meninggalkan tempat yang memperlihatkan  pada kita bahwa alam dapat pula bicara setelah mereka disakiti, bukan hanya manusiakan yang dapt berbuat begitu?  Aliran kesenangan mengalir kembali ketika salah satu teman yang tidak ikud travelling mengundang makan di rumahnya, secara kita adalah anak kos yang punya moto sikat makanan gratis langsung cabut dan Ok aja. Sampai kos pukul 10.30,..sangat melelahkan namun banyak pelajaran yang diambil. Its Fan For US

Minggu, 23 Januari 2011

Bayangan Yang Hampir Nyata

Apakah yang selama ini terlihat hanyalah bayangan saja? bergerak-gerak bagaikan tarian angsa di danau tak bernama. Dan aku yang bodoh ini kanapa terlalu percaya? Sia-sia apa yang aku lakukan  selama ini yang berusaha meraih sesuatu padahal ternyata hanyalah  bayangan yang hampir nyata. pikirkan apa yang aku tanyakan apakah kata-kata itu nyata? bayangan yang hampir nyata adalah mimpi tiada batasku. Tapi kedewasaan merebut itu semua yang  dibantu waktu menjadikan ini lebih sempurna, semuanya kini tinggal sebuah api kecil yang mulai redup. Semua akan berakhrir dan aku menjadi suatu hal yang hampa dan redup. inilah mimpi "setelah berlalunya waktu akan menjadi mustahil". 
Pelajaran : raih bayangan itu selagi waktu masih bermurah hati. masa muda yang bergelora jadikan perisaimu. jadikan bayangan menjadi nyata. semoga itu dapat membantuku dan kamu.

EUROPEAN UNION (EU)
Atau
UNI EROPA (UE)
A.    Lokasi


B.     Deskripsi

Uni Eropa (UE, bahasa Inggris: European Union atau EU) adalah sebuah organisasi antar-pemerintahan dan supra-nasional, yang terdiri dari negara-negara Eropa, yang sejak 1 Januari 2007 telah memiliki 27 negara anggota. Persatuan ini didirikan atas nama tersebut di bawah Perjanjian Uni Eropa (yang lebih dikenal dengan Perjanjian Maastricht) pada 1992. Namun, banyak aspek dari EU timbul sebelum tanggal tersebut melalui organisasi sebelumnya, yang ada sejak tahun 1950 yang beranggotakan enam  negara (Belgia, Perancis, Jerman, Italia, Luksemburg dan Belanda)
Organisasi internasional ini bekerja melalui gabungan sistem supranasional dan antarpemerintahan. Di beberapa bidang, keputusan-keputusan ditetapkan melalui musyawarah dan mufakat di antara negara-negara anggota, dan di bidang-bidang lainnya lembaga-lembaga organ yang bersifat supranasional menjalankan tanggung jawabnya tanpa perlu persetujuan anggota-anggotanya. Lembaga organ penting di dalam UE adalah Komisi Eropa, Dewan Uni Eropa, Dewan Eropa, Mahkamah Eropa, dan Bank Sentral Eropa. Terdapat pula Parlemen Eropa yang anggota-anggotanya dipilih langsung oleh warga negara anggota.
1.         Politik dan pemerintahan :
Struktur politik: Organisasi antar-pemerintah yang hibrid dan bersifat supranasional.
Negara Anggota: 27 negara: Austria, Belanda, Belgia, Bulgaria, Republik Ceko, Denmark, Estonia, Finlandia, Jerman, Perancis, Hongaria, Inggris Raya, Irlandia, Italia, Latvia, Lituania, Luksemburg, Malta, Polandia, Portugal, Rumania, Siprus, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia, dan Yunani.
Kandidat: Albania, Bosnia & Herzegovina, Montenegro, Kroasia, Makedonia, Serbia, dan Turki.
Ibu kota: Brussel, Belgia
Bendera Uni Eropa: Duabelas bintang berwarna kuning membentuk lingkaran di atas dasar warna biru. Bendera ini wajib dikibarkan berdampingan dengan bendera nasional negara anggota di tempat-tempat kenegaraan.
2.         Demografi dan Geografi
Jumlah penduduk: 499.673.300 (per 1-1-2009); pertumbuhan 0.11% /tahun; 0-14 tahun: 15,7%,  15-64 tahun: 67,2 %, 65  tahun ke atas: 17,1%.
Bahasa resmi: Bulgaria, Czech, Denmark, Belanda, Inggris, Estonia, Finlandia, Perancis, Gaelic, Jerman, Yunani, Hungaria, Italia, Latvia, Luthuania, Malta, Polandia, Portugis, Romania, Slovakia, Slovenia, Spanyol, Swedia.
Luas Wilayah: 4.324.782 km2


C.    Persebaran
European Union merupakan persatuan Negara-negara yang semua wilayahnya  berada di benua Eropa. Walaupun demikian keadaan wilayah masing-masing Negara tidaklah sama. Misalnya,  wilayah  antara  Inggris  bagian  selatan hingga  negara-negara  Beneluks,  Prancis,  Jerman bagian  Barat  dan  Italia  bagian Utara merupakan daerah  yang  paling makmur.  Sebaliknya,  Jerman bagian  Timur,  Italia  bagian  Selatan,  Spanyol, Portugal dan Yunani tertinggal dalam perekonomian mereka. Dengan tingkat pendapatan yang rendah, daerah-daerah  ini  cenderung  memiliki  tingkat pengangguran  yang  lebih  tinggi,  tenaga  kerja dengan tingkat pendidikan/keterampilan yang lebih rendah,  kepadatan  penduduk  yang  lebih  rendah, perekonomian  yang  lebih  memfokuskan  pada pertanian  daripada  industri  dan  tingkat  migrasi penduduk yang tinggi.  
Adanya  perbedaan  iklim  yang  sangat  besar, terutama  antara  negara  anggota  Skandinavia di  Utara  dengan  negara  anggota  di  wilayah Mediterania  ke  arah  Selatan.  Perbedaan  serupa terjadi juga di antara negara-negara anggota baru, terutama antara perkotaan dan pedesaan. Meskipun  menghadapi  perbedaan-perbedaan  ini, UE  telah  berhasil menjalankan  pasar  tunggal  bersama. .
D.    Pendekatan
Pendekatan Geografi yang digunanakan dalam mengkaji fenomena tersebut adalah pendekatan keruangan. Melalui pendekatan keruangan akan dapat diungkapkan bagaimana persebaran anggota UE di ruangan (tempat) tersebut  dalam hal ini Benua Eropa, dan bagaimana interelasi UE dengan aspek lain seperti dalam kehidupan manusia (ekonomi, politik, budaya, dll)
E.     Interaksi
Hubungan antar negara anggota UE sangat erat terutama di bidang ekonomi, apalagi sejak disetujuinya mata uang bersama. Pada tahun 1999 negara-negara anggotanya menetapkan nilai tukar mata uang mereka menjadi Euro, yang melahirkan “zona Euro”. Mata uang euro mungkin merupakan pencapaian UE yang paling menonjol. Mata  uang  ini  merupakan  mata  uang tunggal  yang  digunakan  oleh  12  negara  anggota yang mewakili  dua  pertiga  dari  jumlah  penduduk UE. Angka  tersebut akan  terus meningkat sejalan dengan  bertambahnya  negara-negara  anggota baru yang akan menggunakan mata uang ini begitu keadaan perekonomian mereka telah siap. 
UE merupakan blok perdagangan tunggal terbesar di dunia. Pada tahun 2004, jumlah keseluruhan impor UE mencapai   3.187 milyar, yang mencerminkan 44,8  persen  dari  jumlah  perdagangan  komoditas dunia. Dengan semakin meningkatnya perekonomian UE  telah mempengaruhi tingkat perekomian Negara berkembang yang cenderung terus menurun. Berikut hasil interaksi UE dengan Negara-negara di dunia
1.      Perdagangan  dunia  mengalami  peningkatan lima kali lipat dalam 20 tahun terakhir.
2.      Peran  Amerika  Latin  dalam  kegiatan perdagangan  mengalami  kemerosotan  yang cukup besar.
3.      Peran  Afrika  dalam  kegiatan  perdagangan  dunia  mengalami  penurunan  separuhnya  selama jangka waktu ini
4.      Peran Asia dalam kegiatan perdagangan dunia  mengalami  peningkatan  cukup  tajam  selama  jangka waktu ini. Hal ini menutupi kemerosotan yang  dialami  Jepang  serta  kemajuan  cepat yang dicapai oleh Cina.
5.      Peran Cina dalam kegiatan perdagangan dunia mengalami peningkatan  lebih dari 5 kali  lipat.  Saat ini Cina merupakan negara ke-6 terbesar  dalam  perdagangan  dunia. 
6.      Peran  Jepang mengalami kemerosotan sebesar 20 persen.
F.     Manfaat
Sejak pertama kali dibentuk UE mempunyai tujuan menciptakan persatuan dan kedamaian antar Negara-negara di Eropa. Namun pada perkembangannya UE  telah mefokuskan kerjasama pada bidang Ekonomi saja. Sejak adanya UE perdagangan dunia semakin semarak dan pertumbuhan perekonomian Eropa sangat signifikan.
Negara anggota UE banyak memperoleh manfaat dari peserikatan tersebut, karena kesulitan-kesulitan ekonomi yang timbul pada suatu Negara juga merupakan tanggung jawab anggota lainnya. Contoh kasus yang pada saat krisis Yunani yang dibantu oleh UE, sehingga perekonomiannya dapat tumbuh kembali. Perserikatan ini memberikan manfaat yang sangat besar bagi negara anggota UE dalam hal:
1.    Penghapusan  antrian  pada  perlintasan perbatasan.
2.    Perdagangan antar negara UE.
3.    Hilangnya sekat secara teknis dalam kegiatan perdagangan.
4.    Pembukaan  pasar  yang  baru  untuk  kontrak umum, dsb.
Keleluasaan  untuk  bermigrasi,  peningkatan  daya  saing  dan  pertumbuhan  ekonomi  menjadi  tak  terhentikan. Sekat  secara  fsik,  dalam  perpajakan  dan  secara  teknis  mulai  terbuka  satu  per  satu,  meskipun  masih  terdapat  perbedaan  pendapat  tentang  beberapa  masalah  yang  peka  seperti penyelarasan pajak. Banyak peraturan diterapkan  guna menjamin berlangsungnya  persaingan  yang sehat
G.    Prediksi
Sejak  dibentuknya  lebih  dari  50  tahun  lalu,  UE  bagaikan magnet yang selalu menarik arus anggota  baru dan telah mencapai titik keberhasilan perluasan  dalam sejarahnya, mulai dari 15 hingga mencapai  27 negara anggota pada 2007. Setiap negara Eropa  dapat  bergabung,  dengan  syarat  negara  tersebut  memiliki  kehidupan  demokrasi  yang  stabil  dan  menjamin  penerapan  hukum,  hak  asasi manusia,  dan perlindungan terhadap kaum minoritas. Negara  ini  juga harus memiliki perekonomian pasar yang berjalan baik dan kelengkapan pengelolaan negara yang mampu menerapkan hukum-hukum UE.
Perluasan Di Masa Depan
UE saat ini berupaya memperluas ruang lingkupnya di  Balkan  bagian  Barat,  Termasuk  wilayah  eks  Republik  Yugoslavia,  seperti  Makedonia,  Serbia,  Montenegro,  Bosnia  Herzegovina  dan  Albania.  Negara-negara di wilayah ini diyakini akan masuk  menjadi  anggota  UE  begitu  mereka  telah  siap.  Dibutuhkan waktu kurang lebih 10 tahun atau lebih sejak  pengajuan  permintaan  bagi  sebuah  negara  untuk dapat diterima sebagai negara anggota
Beberapa  negara memilih  untuk  tidak  bergabung  sebagai  anggota misalnya Norwegia dan Swiss. Akan  tetapi  negara-negara  ini  merupakan  bagian  dari  Perhimpunan Perdagangan  Bebas  Eropa  (EFTA)  yang  juga mencakup  Islandia  dan  Liechtenstein.  Meskipun tidak  terintegrasi dalam UE, negara-negara EFTA memelihara hubungan perdagangan yang erat dan dapat  menikmati  banyak  keuntungan  yang  juga  diterima anggota UE.  Sehingga dapat dipastikan bahwa 10 tahun ke depan UE akan menjelma menjadi kekuatan ekonomi besar dunia bersama Amerika serikat dan Cina.

Sumber bahan :
1.      www.indonesianmission-eu.org diakses tanggal 30 Oktober 2010
2.      www.indonesiafruitexport.com diakses tanggal 30 Oktober 2010
3.      www.delidn.ec.europa.eu diakses tanggal 30 Oktober 2010
4.      www.deplu.go.id diakses tanggal 30 Oktober 2010
5.      www.europa.eu diakses tanggal 30 Oktober 2010



Jumat, 21 Januari 2011

Thingking

Apa, Siapa, Aku?
Mengapa dan Bagaimana Aku Ada?
dimana aku berada ?

Semua ini benar-benar membuatku bingung, membaca hal diluar batas otak dan nalar ini bisa membuat gila. Akhirnya melalui perenungan saya dapat menyimpulakan diri sendiri bahwa Saya adalah manusia yang tidak tahu apa-apa, karena :

Saya bukan seorang Filosof yang dapat mencari tahu hakekat kehidupan...
Saya juga bukan seorang Ilmuan yang dapat mencari  tahu kebenaran hukum-hukum alam...
atau Saya juga bukan seorang Agamawan yang dapat mecari tahu kebenaran lewat keyakinan....

Menurutku untuk dapat menjadi seorang yang hidup tenang dengan beragam keingintahuan adalah dengan mejadi ketiga nya, coba pikirkan bagaimana seoramg Ilmuan yang tidak punya keyakinan dan pemahaman hakikat kehidupan?atau bagaimana seorang filosof tanpa ilmu dan iman? atau agamawan tanpa ilmu dan pemahaman? Ah bingung aku jadinya, kemungkinan akan menyeleweng, fanatis, sombong, dan bahkan bisa  hilang kesadaran atau "Gila".  
Dan aku yang bukan apa-apa, manusia yang belum mampu memaknai hidup, dangkal ilmunya, dan tipis keyakinannya, sedang terombang-ambing dalam sebuah pergulatan banyak pikiran orang. Aku yakin aku dapat melewatinya dan akhirnya mampu memaknainya, ya walau sadar tak akan sekeren tiga golongan tersebut. Namun pertanyaan pesismis ini muncul akan sampai kapan ini berakir?  padahal waktu berjalan maju dan tak mungkin berjalan mundur. Ya peryataaan waktu yang berjalan maju atau mundur jangan terlalu dipikir lah...para ilmuan malah meyakini waktu berjalan dengan beragam arah, dan sebanarnya kita tidak hidup dalam alam 4 dimensi tapi 11 dimensi . What? hah tambah bingung kan? 4 DIMENSI ( rUAng 3 dimensi dan Waktu ). Aku gak begitu tahu persis apa sebenarnya yang aku tulis ini, mungkin salah penafsiran dari hal yang baru  aku baca  tapi setidaknya kalian tahu apa yang mambuatku bingung yaitu tetang kehidupan kita yang tak lepas dari waktu. Dalam ajaran Agamapun setalah kita mati kita masih terikat waktu? Apa kalian bisa menjawabnya? Para Ilmuan pun masih mencarinya lewat hitung-hitungan matematis dan teori-teori yang  sebenarnya tambah membuat bingung orang awan sepertiku bila membacanya.

Selasa, 11 Januari 2011

Gunung Api Purba Nglanggeran

Seminggu setelah Fun rafting..Sabtu 18 Desember 2010

Kawan begitu menyenangkan hidup ini, bila setiap saat kita selingi dengan pertualangan,  memimpikan sebuah hal yang sepertinya mustahil dan bersama dengan yang kita sukai ( bisa apa atau siapa?).  hal terakhirlah yang sekarang aku coba cari dan ternyata yang aku suka adalah sebuah pertulangan.
kembali ke judul awal  Gunung api Purba Nglanggeran mungkin masih terdengar asing ditelinga kita. Ok coba aku perkenalkan ..gunung Nglangeran terletak di kawasan
Desa            : Sambitu
Kecamatan       : Patuk
Kabupaten       : Gunungkidul
Provinsi        : Daerah Istimewa Yogyakarta
Ini  ringkasan pertualangan kecil ku bersama anak-anak satu kelas....
Pukul 7.00 WIb adalah janjian berangkat dari kampus, tapi seperti sudah menjadi kebiasaan adalah jam ngaret. Molornya lama  sekali... aku sendiri sampai dikampus pukul 7:15, dan  pemberangkatan dari kampus menuju Nglanggeran sekitar pukuk 9:00 belum ke rumah salah satu teman,, jadi kita berangkat jam 10:00. Huh..lama menunggukan?. well memang untuk menuju suatu hal yang menyenangkan adalah lewat pengorbanan.  Perjalanan panjang dan berliku, naik turun gunung dengan kelerengan yang beragam, tanjakan terakhir adalah yang paling ekstrim hampir 90 derajat  kita lalui. Hingga salah satu teman hampir jatuh ketika melewatinya untung saja tidak terjadi apa2.

Tulisan selamat datang di dinding Gunung Nganggeran

Pukul 11.00 kami sampai, pemandangan pertama dari bawah gunung sungguh memukau, bebatuan hitam yang menjualang angkuh, sekaan mengucapakan selamat datang pada kami. aku yang memegang kamera gatal untuk untuk mengabadikannya. Setelah sedikit persiapan kamipun mendaki bebatuan yang menjaulang tersebut. Ada trek2 yang memang sulit dilalui tapi kebanyakan mudah dan menyenangkan. Pendakian ini tidaklah terlalu berat karena tidak terlalu tinggi dan hanya perlu kurang lebih 1 jam perjalanan.  trek becek dan agak terjal yang sedikit mengganggu tidak kami hiraukan karena ternyata dikanan-kiri pemandangan sungguh memukau mata. Sungguh indah memanadang langit dan daratan hingga batas cakrawala. Gunung merapi juga terlihat jelas...babatuan purba terlihat anggun dan mengkilap tertimpa cahaya matahari. melihat semua itu mata ini seolah terhipnotis dan tidak mau berpaling bahkan untuk satu detik. Ya bisa dikatakan duduk diam dipuncak Nglangeran berjam-jampun tidak akan puas kalau sajiannya seelok ini. Kami sampai Puncak sekitar jam 12.00, itupun sepanjang perjalanan diselingi foto-foto..perjalanan ini tidak terlalu melelahkan tapi cukup menguras tenaga juga, ya harap maklum perjalanan dilakukan tengah hari.






Celah Sumpitan. Celah sempit di antara dua batu besar
  yang menjadi salah satu jalan menuju puncak 

Sekedar saran kalo mau mendaki puncak Nglanggeran pagi atau sore hari diman cuaca lebih bersahabat. dipuncak kita habiskan foto2 lagi..ini adalah kenangan pertualnagan bersama sahabat yang harus diabadikan. Ya kapan kita bisa bersama seperti ini...? Perjalanan pulang sekitar puukul 13:00 dan perjalanan turun kali ini kita selingi dengan banyak guyonan sehingga rasa lelah tidak terasa...






Foto dan bermain di puncak Nglanggeran

Ok deh pertualangan kali ini berakhir dengan membahagiakan...semoga rasa ini akan selalu ada dan menjadi kenangan yang indah. Teman2 Geografiku kita sudah semester 5 besok semester 6 tidak tahu bisa melakukan pertulaangan seperti ini lagi atau tidak. karena semester mendatang kita telah memulai perjalan sendiri-sendiri untuk merajut masa depan yaitu KKN-PPL. I love You Friend

Rabu, 05 Januari 2011

Kesepian

Aku tidak sendiri
..lama aku terdiam dengan beragam tanya berkecamuk di kepaala ini. salah satunya adalah apakah rasa ini hannya aku yang dapat merasakanya? rasa dimana kita merasa banyak teman dan bahagia namun ada setitik kesepian yang menghuni disela hati. Hidup ini begitu sempurna bagiku, punya teman laki2 maupun perempuan, saudara, orang tua, musuh kecil2lan semua lengkap di hidupku. Manusia sejatinya memang begitu selalu kekurangan dan mengeluh ini itu. Mendapati diriku dengan pertanyaan tidak penting seperti itu membuatku merasa bersalah karena melupakan Tuhan yang telah menganugrahiku nikmat hidup yang berlimpah ini. ya seharusnya aku bersyukur dan terus berdoa agar aku diberi waktu yang lebih lama untuk menikmati hidup ini. Kesepian di bilik hatiku ini, pasti akan terisi suatu saat nanti, apalagi nikmat Tuhan selalu ada untuk hambanya yang selalu bersyukur. semoga saja Amin ya Robbalalamin

PEta Q