Senin, 31 Januari 2011

Riwatyatku dulu semua mengenai BUku...(SD)

Mengapa OH mengapa aku tergila-gila buku..apakah aku memang kutu buku? atau memang gila Buku...

     Cerita mengenai aku dan buku di mulai sejak kelas 4 SD, dimana usiaku waktu itu baru 9  tahun. Waktu itu untuk pertama kalinya  Sekolahku  ada perpustakaan dengan buku-buku baru yang menarik. Sebenarnya aku tidak yakin apakah itu bisa disebut perpustakaan karena tidak ada ruangan perpus, ruang baca atau sejenisnya (cuma rak yang bersisi buku di kantor guru). Selain itu karena terbatasnya buku dan untuk menjaga semangat belajar siswa, buku non pelajaran hanya boleh dipinjam  pada hari Sabtu dan Senin harus sudah kembali. Tapi bukan berarti selain hari itu kita tidak boleh membaca, untuk menyiasati hal tersebut pihak sekolah membagikan buku ketika istirahat dan ketika waktunya pulang harus kembali. Karena buku yang terbatas setiap anak hanya memperoleh 1 buku dan itu harus di baca sampai habis dulu, baru boleh bertukaran dengan buku teman lain. (Hem aku cukup kagum dengan mekanisme yang di jalankan sekolah ku tempo dulu yang mampu mengelola perpustakaan dengan baik  walau dengan keterbatasan). 
      OK kembali ...waktu pembagian pertama, ketika itu aku sedikit ketinggalan dan harus mengalah sehingga hanya mendapatkan buku  sisa yang tidak dipilih teman. Well aku dapat buku yang lumayan tebal dan tidak menarik untuk anak seusiaku, karena lebih banyak tulisan dari pada gambar, kalau tidak salah bukunya berjudul 4 KhulafaurRosyidin. Sempat malas bacanya...tapi lama-kelaman aku sangat menyukai jalan ceritanya, pokoknya buku ini keren ..cerita yang besetting gurun pasir ini telah memompa imajinasi masa kanak-kanakku, selain itu buku ini juga mengandung banyak nilai-nilai agama yang cocok bagi anak-anak. Dan untuk pertama kalinya aku menamatkan sebuah buku...ASyik...! kalau tidak salah aku menamatkannya selama 1 minggu, dan buku tersebut aku baca hanya setiap jam istirahat atau jam kosong saja. Sedangkan teman-teman aku tidak tahu sepertinya sih  kebanyakan dari mereka sudah menukarkan buku sebelum selesai. Ada kejadian lucu saking cintanya dengan buku pertamaku itu aku sampai tidak mau bertukaran dengan teman, hingga akhirnya aku baca ulang sekali lagi...dan dengan sedih aku akhirnya mau bertukaran...Good by mY firs book...kau telah menemaniku selam 2 minggu ini...HWWWW. jadi sedih kalau mengingat hal tersebut.

     Well itu pertama kalinya aku berjumpa dengan buku bacaan yang sampai mengharu biru ketika harus berpisah dengannya. Suatu kali aku menemukannya kembali, buku itu sudah rusak dan halamannya banyak menghilang...Hwww, sedih banget. by the Way sejak saat itu aku menyukai membaca, dan buku favorit waktu aku masih sekolah dasar adalah buku-buku yang bertema Cerita rakyat.  Setiap akhir pekan aku selalu pinjam buku di perpus "kantor guru" hehe , karena aku dekat dengan seorang adik kelas yang merupakan cucu kepala sekolah  (juga suka baca dan Nakal abis) aku bisa pinjam lebih dari satu buku...hehe walau sedikit makan ati juga, ya mungkin aku iri dengannya yang bebas mengakses kantor guru. Tapi ya sudahlah kan sudah berlalu. 

      Ingatan tentang buku pertamaku ini masih sangat membekas dan teringat jelas di otakku ini, padahal itu sudah sangat lama sekali mungkin hampir 11 tahun berlalu. Tapi mengapa itu masih ada? perasaan waktu itu juga seperti masih terasa. jawabannya adalah karena itu merupakan kenangan yang berkesan yang selanjutnya mempengaruhiku hingga dewasa.. ... dan hal ini sesuai dengan ungkapan bahwa "ingatan yang tidak dapat dilupakan oleh setiap orang dewasa semasa mereka masih kecil adalah  kenangan yang berkesan. kenangan dapat berupa kenangan yang membahagiakan, juga dapat berupa kenang-kenangan yang menyedihkan".

2 komentar:

  1. Assalamu alaikm .Tulisanx Mantaaab ,jd ingat masa kecil!! ane doakan moga2 penulisx bisa jd bintang yang selalu bersinar dan terlihat jelas... bintang yang menjelajahi ruang dan Waktu.. tapi . . . . bukan bintang yang banyak menyimpan misteri .

    BalasHapus
  2. Waalaikum salam, hhh maksih dah baca postingan ini..tulisan ini emang bwt nginget tentag kenagn mas kecil yang berkesan...amin...(atas doanya)

    BalasHapus

PEta Q