Senin, 03 Oktober 2011

Escrapment 2011

Escrapment  adalah agenda tahunan untuk MABA dalam rangka mengenalkan  jurusan pendidikan Geografi yang dekat dengan alam. Escrapment sangat asyik untuk diikuti terutama oleh angkatan tua seperti saya. hehe... karena acara tersebut merupakan ajang mengenal  MABA lebih dekat sekaligus ajang menunjukan kekuatan seorang senior. Wkkk...walaupun acaranya sedikit keras namun banyak  pelajarannya yang dapat diambil. acaranya sendiri dilaksanakan dari sabtu siang hingga minggu menjelang siang..dari pantai pantai Pandan simo-samas-depok-sanddunes- parangkusumo. Acara yang sangat padat dan melelahkan bukan? rute jalan yang sangat panjang sekaligus beban yang dibawa juga berat. Tidak hanya itu sepanjang perjalanan kita juga digembleng mentalnya oleh kakak-kakak angkatan. Hemm..walaupun begitu dijamin menyesal sekali  bila tidak mengikuti acara ini. Selama itu  kedekatan akan terjalin dengan sendirinya dengan teman-teman baru karena merasa sama rasa dan sepenanggungan dan juga kita akan mengenal kakak angkatan kita terutama yang sudah agak tua (ospek sudah tidak jadi panitia) bahkan banyak juga yang sudah lulus ikut acara ini. Well itulah mengapa jurusan Pendidikan Geografi terkenal Solid kalau soal Alumni.
Beraksi di Pos P3K
Escrapment tahun ini sendiri mempunyai kesan tersendiri bagi saya, sebagai senior dan bukan panitia, saya tidak mengikuti acara secara penuh. Berangkat dari Jogja/kampus setelah magrib  dan sampai di pantai Depok setelah isya. Perjalanan malam menembus Sanddunes memang dimulai dari pantai Depok, jadi saya yang diberi tugas di pos 2 atau pos P3K berangkat dari sana juga. Malam yang cerah dengan bintang-bintang yang bersinar cemerlang sekitar pukul setengah 8 semua peserta Escrapment berderet-deret memulai perjalanan panjang menembus sanddunes dan bersiap menerima gebrakan mental. Apa saya ambil bagian dalam menguji mental mereka?tentu saja tapi cuma di pos yang menjadi tugas saya.
Hukuman bagi kelompok yang membuat kesalahan 
Well...sebenarnya setahu saya pos P3k akan sangat santai dan tidak menegangkan seperti pos lainnya. Jadi saya kira cuma memberi materi mengenai P3k tapi apa yang dibayangkan tidak sesui dengan kenyataan. Menurut arahan sang tetua pos 'mas Jo' kami harus tegas dalam menekan peserta., dan katanya saya punya bakat untuk keras jadi pasti bisa melakukannya. What? benarkan?hhh..Ok aku terima tantangannya. Alhasil setelah dicoba saya melakukannya dengan alami.tkkkk..triak-triak menekan peserta, mempermaikan dan menghukum mereka. Soal hukuman saya tidak terlalu menekan karena tidak tega paling cuma teriak-triak saja. Well itulah saya mengeksplor bakat suara keras untuk pertama kalinya. memang ketika pertama melakukannya terasa canggung tapi lama-kelamaan biasa juga.
Penugasan : Membuat drakbar dalam 3 menit
Setelah melaksankan tugas di pos 2..kami langsung menuju tempat istirahat panitia  di Geo Spasial. Geo Spasial adalah labolatorium geografi  milik fakultas Geografi UGM yang letaknya di Sanddunes. Well sebenarnya istirahatnya juga bukan di dalam ruangan lebih tepatnya dihalaman Geo Spasialnya, beralas tanah berselimut langit bergambar bintang-bintang adalah tempat kami tidur. Berbekal Matras pinjaman dari seorang kakak  angkatan dan berbagi Sleeping Bag dengan Amin (teman satu pos P3K), akhirnya sekitar pukul 2 saya tidur di depan pintu gerbang Geo spasial setelah lelah berteriak-teriak menguji mental MABA. HH..inilah pertama kalinya saya tidur setelah 3 kali mengikuti Escrapment.
Peserta yang kelelahan di pos terakhir
Pukul 5 pagi sudah bangun, setelas sholat subuh dan membersihkan diri kami langsung tancap gas ke Pos Evalusi, masih berlokasi di Sanddunes juga/gumuk pasir. Di pos tersebut peserta akan benar-benar digojlok oleh para senior. Tapi tahun ini saya tidak bisa menikmatinya karena ternyata konsep acara sudah agak berbeda, aksi penggojlokan oleh senior non panitia dikurangi. Hemm jadi gak asyik....gak lucu///. padahal ini yang saya tunggu-tunggu karena benar-benar menghibur. Bagaimana tidak dibalik kerasnya senior terhadap peserta selalu ada sempilan guyonan yang membuat ngakak para senior lain, dan dijamin peserta juga kadang ingin tertawa tapi takut.hhhh
Melepas Lelah di bukit pasir
AKhirnya setelah sarapan pagi sekitar pukul 7 peserta dibawa ke Pantai Parangkusumo untuk pelantikan. Saya dan beberapa teman satu angkatan tidak ikut dan malah berfoto-foto di Ka'bah tiruan. KKk..hitung-hitung latihan berhaji. Acara tidak berhenti sampai disitu, ternyata ada acara isidental yaitu berkunjung ke rumah Amin setelah Escrapment berakhir. Rumah amin memang tidak jauh dari lokasi Escrapment,jadilah beberapa teman satu angkatan main kesana. It's Fun ...kayaknya gak mau berakhir..kami adalah angkatan ke 4 atau angkatan terakhir, jadi moment kumpul2 seperti ini sudah sangat jarang terjadi karena mata kuliah yang diambil hanya tinggal beberapa, Praktikum lapangan juga telah berakhir Bulan Juni kemarin//hiks kapan lagi ada moment kumpul2 seperti lagi?...
Ka'bah tiruan di Gurun Pasir Bantul..kkk



5 komentar:

  1. hah ha...Good-good nes,, tugu ya bentar lagi aku juga posting...he h..kita cermati bersama-sama.

    BalasHapus
  2. iya min aku tunggu segera ya..kkk

    BalasHapus
  3. hah ha nes...lucu seneng juga bisa nulis rekam jejak peristiwa yang telah kita lalui lewat blog..h h

    BalasHapus
  4. http://amadaffa.blogspot.com/2011/09/cliff-2011-hima-pendidikan-ips-uny.html

    BalasHapus
  5. Iya pak dah tak baca N tak coment..hhh

    BalasHapus

PEta Q