Selasa, 28 Februari 2012

SAAT YANG PALING AKU RINDUKAN



Masih ingatkah kalian kawan ketika kita masih sangat tergantung dengan sesama teman lainnya? Entah hanya untuk menanyakan perubahan jadwal kuliah, mengkopi catatan kuliah teman lain, mengerjakan tugas bersama, atau bahkan menanyakan jawaban ketika ujian sedang berlangsung. 

Pernahkan kalian merindukan sesuatu ketika apa yang kau rindukan itu belum saatnya dirindukan? Kau masih di dalam suasana itu dan masih dengan orang-orang yang sama yang belum waktunya kau rindukan tapi kau sudah merasa hal tersebut pasti akan kau rindukan entah kapan. Ketika hal itu terjadi rasanya akan sakit dan sedih melebihi sakit dan sedihnya ketika  saatnya merindu suatu saat nanti.  Inilah aku yang sedang merasakan hal tersebut sehingga tidak mampu membendung hasrat untuk menulisnya karena rasa ini begini kuatnya.  Aku belum berpisah dengan kalian dan aku masih dapat menemui kalian tapi ketika menyadari bahwa kita akan berpisah tidak lama lagi membuatku sangat sedih dan tiba-tiba merasa kesepian.
PKL paris : naik truk...kapan lagi bisa begini???
Begitu banyak moment yang sudah aku rindukan, sebagian masih bisa kita rasakan dan sebagian lagi sudah tidak mampu kita ulang lagi.  Bangku kuliah adalah salah satu yang tidak akan kita rasakan bersama-sama lagi kawan.  Menyadari bahwa kita sekarang telah berada di zona akhir pertualangan sebagai mahasiswa telah menyadarkanku bahwa inilah zona paling berat sekaligus menyedihkan bagi kita semua. Kita semua dituntut untuk menyelesaikan tugas akhir dengan egoisme yang sebelumnya kita kubur dalam – dalam di bangku perkuliahan. Egoisme yang riil ditambah individualitas yang menggebu telah membutakan apa yang sudah kita jalani selama hampir 4 tahun ini. Apa yang aku rindukan tak ubahlah sebuah pembenaran bahwa kita saat ini telah berbeda dan bertumbuh menjadi manusia yang baru.
Masih ingatkah kalian kawan ketika dulu kita masih sangat tergantung dengan sesama teman lainnya? Entah hanya untuk menanyakan perubahan jadwal kuliah, mengkopi catatan kuliah teman lain, mengerjakan tugas bersama, atau bahkan menanyakan jawaban ketika ujian sedang berlangsung.  Tentu kalian masih ingat tapi dalam tahap melupakan hal tersebut, dan fakta itu  adalah sebuah ironi yang menyedihkan bagi kita semua. Bagaimanapun itu sudah berlalu dan tidak mungkin terulang lagi, yah..aku disini hanya bernostalgia saja mengenang hal –hal indah, menyedihkan, bahkan konyol.
INgatkah kawan  dulu kita sering berdebat saat presentasi kuliah? Menyuarakan pendapat yang tiada ujung pangkal pemecahannya,  mengajukan pertanyaan – pertanyaan konyol yang sebenarnya tiada jawabannya, atau pertanyaan –pertanyaan jebakan yang sudah kita tahu jawabannya. Aihs,,..itulah saat terindah di bangku kuliah bagiku kawan, bagaimana dengan kalian? Sebenarnya Masih banyak pilhan seperti saat bercanda dan mengobrol tak tentu arah ketika dosen mengajar dengan serius  atau saat tertidur dikelas dan tiba –tiba foto tidur kita sudah tersebar di Facebook. Menyenangkan..bahkan saat kita  putus asa dengan tugas yang bejibunpun itu terasa menyenangkan. Mata bengkak oleh tangisan karena tugas yang kita buat semalam suntuk ternyata belum tersimpan atau Uang habis hanya untuk satu SKS praktikum kartografipun terasa sangat indah dan menyenangkan.
The last PKL (''_")
Yah semua itu tiba – tiba berkelebat dalam ingatan manusiaku yang rapuh ini dan tanpa permisi merasuk dalam ruang kerindukanku pada kalian dan suasana yang kita buat dahulu. Semua itu adalah kenangan yang kita buat, dan kenangan dibuat tak lain lain hannya untuk di ingat. Jadi ingatlah kawan bahwa kita dulu berada di waktu dan tempat yang sama, disana kita membuat moment –moment berharga yang sayang sekali bila  kita tidak menyimpannya di kaset paling mahal sedunia yaitu memori otak kita.  Aku akan meyimpannya di memori otakku, aku harap kalianpun begitu dan suatu saat nanti kita putar bersama –sama. 

8 komentar:

  1. hiks-hiks-hiks, aq membaca sambil hampir meneteskan air mata,,, aku percaya oleh waktu kita akan dibuktikan oleh kerinduan yang akan menggenggam kita dimasa yg akan datang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya min..kita harus menyimpan ingatan indah itu...ketika saatnya kita bertemu lagi dalam suatu reuni..kita dapat memutarnya dan bernostalgia.

      Hapus
  2. kangeeeeeen..memang t yg slm beberapa hri nh q rasakan..
    kangeen bercanda..kangenn jlan2 brg..kangeen ejek2kn..kangeen gosip..
    kpn y bisa lg...huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang ngangenin cha...hiks2,dan itu gak bisa kita ulang lagi . hanya dalam ingatan itu bisa terulang

      Hapus
  3. header, foto pas ng telaga menjer, wkwkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhha...apik to? kan malah ngiklanke objek wisata daeramu to di?

      Hapus
  4. Jika kita membahagiakan orang pada hari ini, kita juga akan membahagiakan dia duapuluh tahun lagi, saat dia mengenang kembali saat itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya semoga saja..waktu itu ketika mereka menemukan tulisan ini aku harap dapat mengulang memori mereka yg telah usang, mungkin mereka tertawa atau bahkan menangis..

      Hapus

PEta Q