Senin, 13 Juni 2011

Pantai IndraYanti : Bersih dan Mempesona (InD'kOs Holiday's)


Wuihhhh bangganya menjadi warga Gunungkidul yang mempunyai sejuta pesona  baik yang berupa sumber daya manusia maupun sumber daya alam yang sungguh luar biasa. Welll tapi kadang orang seakan menutup mata akan kelebihan yang dimilki oleh kabupaten Gunungkidul ini, malah terkadang meremehkan dan menghujat...tapi gak papalah hanya orang yang sok tahu koq yang begitu. heheh... yawudah gak usah panjang lebar deh, ini merupakan cerita indah yang harus menjadi kenangan tak terlupa tentang perjalanan wisata ke salah satu Pantai di Gunungkidul yang super duper Indah. 
Perjalanan wisata ini direncanakan dan dilakukan oleh kami anak-anak kos 16B yang berjumlah 7 orang yaitu (aku, Ana, Mega, Icha, Rina H, mbk Novi, and mbk Sita) sebenarnya kalau ikud semua sih  berjumalah 9 (mbk Rina and Nisa). Perjalanan wisata ini dalam rangka mengisi liburan dan pembuatan album kenangan kos sebelum mbk Sita and mbk Novi pergi..hwww Jd sedih :'(...
Rumah Ana
Setelah atur mengatur jadwal yang super ribet cOZ kesibukan masing-masing individu yang berbeda akhirnya diputuskan bahwa liburan dilaksankan pada hari Selasa-Rabu /31 Mei-1Mei 2011 ketika semua Universitas Negeri di  seluruh Indonesia Libur karena ada SMPTN...Untung semua member D'kos 16B kuliah di Negeri,,hhh. Finally kita berangkat dari kos Selasa pagi jam 09.30 dengan tujuan pertama rumah Ana di Gunungkidul. Alasan memilih rumah Ana sebagai tujuan pertama karena malamnya kita akan menginap disana sekaligus menunggu nisa yang menyusul belakangan (dia masih ada kuliah). Sampai di rumah Ana sekitar pukul 11.00 dan kita langsung main pocker...hem tahu sendiri lah dimanapun pocker selalu menemani kita.

Ternyata setelah menunggu hingga pukul 02.00 Nisa belum datang juga dan kita janjian ketemu di pantai Sepanjang aja. Setelah perjalanan panjang  melewati beberapa tikungan dan tanjakan yang menguji nyali akhirnya kita sampai juga..Ups jangan lupa untuk membayar restribusi sebesar Rp 3000,00 saja/orang. kalau boncengan cukup menbayar Rp. 5000,00. Hem cukup murah bukan? tarif segitu bukan hanya untuk satu pantai saja lho  tapi beberapa pantai seperti : baron, krakal, kukup, sundak, sepanjang, sadranan, drini, dan indrayanti.

Ketika mengijakan kaki pertama kali di pantai Indaryanti kesan pertama yang muncul adalah Wow...pantainya masih perawan..! pasirnya bersih tanpa sampah sedikitpun. Awalnya sedikit kecewa ketika menyadari kalau pantai hari itu sedang surut dan sempat bingung juga mau berenang atau tidak coz yang ada karang semua. Tapi ternyata kekhawatiran itu tidak berdasar wong akhirnya kita berenang di pantai sebelah barat yang airnya masih agak menggenang. Its Amazing!!! bagaimana tidak airnya sangat jernih pasir dan karang di bawahnya sampai terlihat... so kami puas-puasin foto dan puas-puasin berenang. Ana dan Rina yang tadinya gak mau basah2an akhirnya tergoda juga dan ikut berbasah-basah ria..hhhhh :).


Hem pantai yang letaknya berdektan dengan pantai Sundak ini memang penuh pesona, kebersihanya terjaga karena ada peraturan tertulis yang isinya : siapa yang membuang sampah sembarangan didenda Rp 10.000,00, tapi q jadi bingung mang siapa yang denda? kalo PemDa harusnya bukan hanya 1 pantai ini saja dong, pantai yang lain juga harus diberi peraturan seperti itu. Oya jadi tambah aneh kalau ada peraturan harusnya ada polisi/penegak hukumnya atau ada pencegah seperti tempat sampah g2..ini mah gak ada sama sekali. Walaupun terkesan setengah2 peraturan ini dibuat..tapi Alhamdulillah semua pengunjung mematuhinya tanpa terkeculai..pantai jadi indah dan enak dilihat kalau gitu.
Semakin sore ternyata pengunjung semakin ramai, dan setelah puas foto2 and basah2an.(kyo opo wae..!) waktunya  melanjutnya perjalanan ke pantai selanjutnya yaitu pantai Sepanjang, untuk masuk ke Sepanjang ternyata kita harus melewati jalan yang terjal dan tidak beraspal. Pejalanan yang mental-mentul menyebabkan kandung kemih ini bereaksi atau kata lainnya jadi kebelet pipis,,,(gak penting banget).hh..hem ternyata air yang sedang surut membuat pantai sepanjang tidak terlalu memukau..setelah menunggu Nisa beberapa saat sambil ngemil diputuskan untuk lanjut. Nisa yang ditunggu tidak datang setelah bersusah payah menemukan sinyal untuk menghubungi Nisa agar cepat ternyata dia malah ketiduran di rumah...Hwww padahal dah susah-payah pake nulis SOS di pantai SEpanjang (Sekedar Info pantai-pantai di Gunungkidul itu kebanyakan tidak ada sinyal) ...sangat cocok untuk liburan dan menghilang dari rutinitas sehari-hari bukan?.

Touring Pantai selanjutnya adalah ke Kukup, pantai yang mirip Tanah Lot ini memiliki kekahsan dan keindahan tersendiri. Karena kita datang sudah sore menjelang malam motor bisa masuk ke area pantai..tapi tetap saja bayar parkir 2rb..Ketika sampai disana suasananya terbilang sepi ..yah namanya ja udah sore. melihat hamparan karang yang diselimuti lumut berwarna hijau sungguh menggoda untuk diabadiakan, diantara karang tersebut terdapat ceruk-ceruk berisi air berlantai pasir sehingga bisa untuk basah-basahan, setiba disana gak pake lama kita langsug serbu deh,,yyyyyyaa Jebyurrrrr...rasa dingin yang kami rasakan karena berkendara dengan pakain basah dari Indryanti-Kukup tidak terasa lagi karena airnya ternyata sangat hangat. hhehhehh, tapi ketika kita keluar dari air...hhhheherrrr dingin langsung menerpa. Well Hari sudah menunjukkan pukul 17.00 waktunya mandi dan sholat.

Kita meninggalkan area pantai sudah sangat sore (sudah-sudah azan maGrib menggema). Rasa mencekam tiba-tiba datang 7 orang , cewek semua lagi dengan keberanian eksra menembus padang ilalang dan berpuluh-puluh bukit untuk segera tiba ke rumah Ana. Kemudian tiba-tiba..awwwhhh tanpa diduga dan di sangka ban ANa bocor..!!!! TidaKK ..dan dengan susah payah akhirnya menemukan Tambal ban...Alhamdulillah. Ketika bincang-bincang dengan tukang tambalnya kami memperoleh informasi kalau ternyata pantai Indrayanti itu adalah pantai Pribadi dan bulan Juni/Juli rencananya akan ditutup untuk umum Wahh ternyata kita tidak sial karena ban bocor tapi malah beruntung karena punya kesempatan menikmati pantai Indrayanti yang mempesona tersebut. Hemm info tambahan dari bapak itu bahwa ada tempat yang lebih bagus dari pantai Indrayanti namanya Pantai Kapen yang terletak antara pantai DRini dan Sepanjang..dijamin masih perawan ting-tong deh. Kami Member D'KOs 16 B..pasti kapan-kapan akan akan Kapen.hhh. Sampai di Rumah ANa  pukul 19.30, kami (aku, ana, mega, Mbk novi, mbk sita) langsung tepar...ngimpi ke pante kapen. Oya Rina N Icha langsung pulang ke Jogja..benar-benar pertualangan yang menyenangkan..N salut buat Rina yang STrong AbiZZz (Jogja- rumah Ana-Pantai-Jogja).

3 komentar:

  1. haha pantai indrayanti,, besog pasti aq keasana....tunggu ya nes ceritanya...

    BalasHapus
  2. ok min..qtkapan2 kesana ya...hhhh

    BalasHapus

PEta Q